16 November 2012

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
Metode Penelitian
Metode dalam hal ini di artikan sebagai suatu cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan alat-alat tertentu. Sedangkan penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji suatu pengetahuan yakni usaha di mana dilakukan dengan menggunakan metode-metode tertentu.


Suatu metode penelitian akan mengemukakan secara teknis tentang metode-metode yang digunakan dalam penelitian.11 Adapun metode dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Metode pendekatan
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan yuridis empiris, karena masalah yang akan diteliti adalah keterikatan antara faktor yuridis terhadap faktor empiris. Pendekatan yuridis dilakukan terhadap peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan mekanisme pelaksanaan Link Assurance khusunya dalam bidang hukum asuransi. Karena hukum dikonsepsikan sebagai norma – norma tertulis yang dibuat dan diundangkan oleh lembaga atau pejabat yang berwenang. Sedangkan pendekatan empiris ditujukan terhadap praktik pelaksanaan Link Assurance di PT. Prudential Life Surakarta. Selain itu, juga berupa studi empiris untuk menentukan teori – teori mengenai proses terjadinya dan mengenai proses bekerjanya hukum dalam masyarakat.

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
2. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala - gejala lainya, maksudnya yaitu mempertegas hipotesa - hipotesa agar dapat membantu dalam memperkuat teori-teori lama atau baru dalam rangka menyusun teori baru.
Yang pada dasarnya jenis penelitian ini bertujuan agar dapat memberikan gambaran yang jelas dan lengkap dengan jalan mengumpulkan data, menyusun, mengklarifikasi dan menganalisa data yang diperoleh guna memecahkan masalah yang dihadapi dalam hal ini khususnya mengenai meakanisme pelaksanaan Link Assurance di PT. Prudential Life Surakarta.

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
3. Lokasi Penelitian
Dalam penelitian untuk penulisan skripsi mengenai mekanisme pelaksanaan Link Assurance, penulis mengambil lokasi penelitian di kantor PT. Prudential Life di Surakarta.

4. Sumber Data
Dalam penelitian ini menggunakan sumber data yang berasal dari dua sumber yang berbeda, yaitu :
  • Data Primer : Yaitu data yang berasal dari sumber data utama yang berupa tindakan – tindakan sosial dan perkataan dari pihak – pihak yang terikat dengan masalah yang diteliti.13 Data primer merupakan data yang berupa keterangan yang berasal dari pihak yang diteliti, yaitu berupa data yang di peroleh di kantor PT. Prudential Life Surakarta.
  • Data Sekunder : Yang menjadi sumber data sekunder ialah sumber-sumber yang tidak terkait secara langsung dengan permasalahan yang diteliti. Dalam penelitian ini sumber data sekunder ialah data ang berupa dokumen, majalah, referensi dan berbagai buku atau informasi dari berbagai media massa yang berkaitan dengan objek penelitian.
5. Teknik Pengumpulan Data
Pada pengumpulan data yang penulis gunakan, berkisar pada tiga instrumen ini : observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Untuk dapat memperoleh data yang dalam penelitian deskriptif, maka dapat digunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut:

a. Studi Lapangan
Dalam hal ini, penulis melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait secara langsung dengan data-data yang diperlukan, yaitu berkaitan dengan mekanisme pelaksanaan Link Assurance di PT. Prudential Life Surakarta yang akan dijadikan bahan dalam penelitian ini.

b. Studi Kepustakaan
Adalah metode untuk mengumpulkan data berdasarkan sumber catatan yang ada, dilakukan dengan cara mencari, membaca, mempelajari dan memahami data – data sekunder yang berhubungan dengan hukum sesuai dengan pengumpulan data dengan jaln mengutip bahan – bahan puataka berupa buku – buku, majalah, literatur, jurnal, dokumen, peraturan yang ada relevansinya dengan masalah yang diteliti.

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia
Dari segi kepustakaan ini akan diperoleh manfaat berupa :
  • Diperoleh konsep – konsep dan teori – teori yang bersifat umum yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.
  • Melalui prosedur logika deduktif akan dapat ditarik kesimpulan spesifik yang mengarah pada penyusunan jadwal sementara terhadap maslah penelitiannya.
  • Akan diperoleh informasi empirik yang spesifik yang berkaitan dengan masalahnya.
  • Melalui logika induktif akan diperoleh kesimpulan umum yang diarahakan pada penyusunan jawaban teoritis terhadap permasalahannya.

6. Metode Analisis Data
Dalam Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Menurut H.B Soetopo analisis kualitatif adalah:
“Suatu cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisis yaitu apa yang dinyatakan oleh responden secara tertulis, lisan juga perilaku yang nyata diteliti dan diteliti sebagai sesuatu yang utuh”.16
Analisis data kualitatif sebagai cara penjabaran data berdasarkan hasil temuan lapangan dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh tersebut disusun dalam bentuk penyusunan data kemudian dilakukan reduksi atau pengolahan data dan seterusnya diambil kesimpulan, yang dilakukan saling menjalin dengan proses pengumpulan data. Apabila kesimpulan kurang akurat, maka perlu di adakan verifikasi kembali dan peneliti kembali mengumpulkan data di lapangan. Model ini dinamakan dengan istilah Interactive Model Analisis.

Dalam penelitian ini, penulis akan mencari, meneliti, dan mengkaji secara mendalam mengenai mekanisme pelaksanaan Link Assurance, kemudian tata cara pengajuan klaim Link Assurance serta tentang hambatan – hambatan dalam pengajuan klaim Link Assurance di PT. Prudential Life Surakarta. Dengan penggunaan data ini, maka akan diperoleh suatu gambaran yang lengkap dan menyeluruh terhadap keadaan yang nyata sesuai dengan penelitian yang dilakukan.

berkaitan, dan di setiap bab terdiri dari sub – sub bab. Agar dapat memberikan gambaran mengenai skripsi ini nantinya, maka penulis akan memberikan gambaran secara garis besarnya sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Metodelogi Penelitian
F. Sistematika Penulisan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Tinjauan Umum Asuransi
1. Pengertian dan Tujuan Asuransi
2. Dasar Hukum Asuransi
3. Jenis – Jenis Asuransi
4. Syarat Sahnya Perjanjian Asuransi
5. Pengertian Polis
B. Tinjauan Umum Tentang Asuransi Jiwa
1. Pengertian dari Asuransi Jiwa
2. Dasar Hukum Asuransi Jiwa
3. Pembedaan jenis Asuransi Jiwa
4. Syarat Sahnya Perjanjian Asuransi Jiwa

5. Berakhirnya Asuransi Jiwa
C. Tinjauan Umum tentang Link Assurance
1. Pengertian dari Link Assurance
2. Regulasi yang Mengatur Link Assurance
3. Jenis – Jenis Link Assurance
4. Pengertian Polis Link Assurance
5. Karakteristik Polis Link Assurance
6. Perbedaan Antara Asuransi Jiwa Unit Link dengan Asuransi Jiwa Konvensional
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Mengenai PT. Prudential Life Surakarta
B. Mekanisme Pelaksanaan Link Assurance di PT. Prudential Life
C. Tata Cara Pengajuan Klaim pada PT. Prudential Life
D. Hambatan yang timbul dalam Pengajuan Kalim pada PT. Prudential Life
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN - LAMPIRAN